You must not lose faith in humanity. Humanity is an ocean; If a few drops of the ocean are dirty, the ocean does not become dirty. ~M...

Penelitian itu Kini Berakhir Menuju SCIE




You must not lose faith in humanity. Humanity is an ocean; If a few drops of the ocean are dirty, the ocean does not become dirty.
~Mahatma Gandhi




Mendadak aku teringat tentang cerita perdanaku dulu tentang perjalanan risetku. Dulu sekali, hehe, sekitar setahun setengah yang lalu laah,, itu uda lama beud kah…? Anyway, aku Cuma mau melupakan aksi nekat bodoh waktu itu aja. Tapi itu jelas jadi catatan hidup yang cukup berarti juga untuk aku pribadi, untuk perjalanan riset dan proses belajar ku khususnya. Bukankah kita memang banyak belajar dari kesalahan-kesahalan kita? Aku pernah dengar pepatah bahwa “Successful will not teach us” artinya adalah kesuksesan tidak akan mengajarkan kita. Somewhat true for me. Karena seharusnya kita semakin sukses semakin banyak belajar untuk bisa memberi, berbakti, dan mengabdikan ilmu, tapi di sisi lain kesuksesan juga tidak akan mengajarkan kita bagaimana mengejar sukses itu sendiri,, logis dongss,, wong uda sukses kok ya, ngapa harus belajar mengejar kesuksesan yang sama, #eeeaakk,, kayak bener aja gue!

By the way, tulisan ini akan menjadi tulisan akhir dari pembelajaranku tentang intra coding yang pernah aku bahas sebelumnya. Ini gegara ada mahasiswi yang mengingatkanku untuk mengupdate tulisan aku yang keren nan belaguk ituw…. Iyaaa beneran, aku teringat salah satu mahasiswi di jurusan Teknik Informatika, UIN Suska Riau (ini tempat aku sekolah looh…!! #Banggaaaaa) pernah bilang begini: “Bapak aja mengalami jatuh bangun waktu belajar intra coding, apalagi aku”. Dalam hati sebenarnya aku pingin kali bilang gini: “Maksud loh…?” sambil masang wajah bertopeng agak devil yang keluar asap dari telinganya. Dia (mahasiswi tadi) sedang belajar tentang intra coding, tapi merasa kesulitan dengan bidang itu sendiri. Wajar dong aah…. Siapa juga yang gitu “kenal” dengan bidang penelitian baru langsung bisa “akrab” seakrab akku dengan kammyuu… wajar dong yaa kalau harus jatuh bangun dulu. Bayi superman aja merangkak dulu baru bisa terbang #apaSih…? #skip #skip #skip. untuk mahasiswiku yang sabar tadi… semoga lancar TA nya ya nakk…!

Yaaah…. Setelah berhasil mempresentasikan dua topik di penelitian ini, akhirnya professor ku dengan bahagia memintaku untuk mempublikasikan riset tsb ke jurnal internasional bertaraf lumayan baguslah.. Tapi ini juga setelah aku improve banyak, dan berhasil memberikan performansi yang lebih baguslaah sebesar 50% better dari penelitian sebelumnya. Seneng dong yah setelah kita kenalkan hasil penelitian kita ke supervisor, kemudian secara langsung supervisor bilang minta ditulis hasilnya dan dipublished ke jurnal SCIE. Yang pingin tauk jurnal SCIE itu apaan googling gih, aku juga baru tauk ada jurnal bejituan… #songong kali. haha

Jadi, SCIE itu adalah singkatan dari Science Citation Index Expandedyang sebenarnya sama dengan si Science Citation Index (SCI)Beda keduanya apa jadi..? Penjelasannya bisa dilihat di link ini, atau ini aku kutip penjelasan dari Thomson Reuters customer support:
The Science Citation Index (SCI) is a sub-set of the Science Citation Index Expanded (SCIE), containing journals that rank competitively among the most highly-cited core journals in their category or categories. The Science Citation Index Expanded is essentially the web version of what used to be a database available only on CDRom/Diskette.
When selecting the journals for the Science Citation Index we choose the top journals from each subject category and supplement this with top regional journals from each category to give broad geographic and multidisciplinary coverage.
The evaluation of and acceptance of a journal for the Science Citation Index Expanded or the Science Citation Index is essentially the same with one major difference.
This difference is in the application of citation analysis to the journal. While every science journal in our database is covered in the Science Citation Index Expanded and only those journals of relatively significantly higher citation impact are selected for the Science Citation Index. In other words, Science Citation Index covers only the most highly cited, highest impact journals in each category. This is because of the constraints of the CDROM and print media there is no difference in the selection process for Science Citation Index and Science Citation Index Expanded journals.
Anybody can contact them for clarifications.
Asia Pacific Customer Support

Ya begitulah, karena penelitian ini sudah dicoba untuk dipublikasikan ke jurnal yang agak bagus, maka aku mutuskan untuk menghentikan penelitian ini untuk sementara. Gak lucu lah selama aku sekolah aku taunya Cuma tentang intra coding. Well, waktunya untuk move on! Jadi, setelah di tahap ini, aku juga pernah lihat hasil tulisan yang dulu pernah ku kirim ke konfrensi yang gak minta izin dulu ituw,, iya bener paraah abis ternyata. Dalam hati aku malu sendiri setelah tau (maksudnya bener-bener tau) kalau aku sudah mempermalukan diri sendiri, pingin teriak lagi setelah itu, dan bener-bener marah iya juga..Sorry Indonesia. Tapi, aku bersyukur bisa belajar dari itu semua. Alhamdulillah.. dan sekarang waktunya untuk bener-bener move on sejenak. Dan berharap ada kisah manis di tahapan ini.. Aamiin... :)

Sekarang aku sedang mencoba mainan baru di bagian Rate Control dan Context Adaptive Binary Arithmetic Coding. (Bingung kan? Sabar ya, aku masih menunggu wangsit untuk rajin nulis blog lagi. Wangsit biar rajin nulis di blog video coding ku yang niatnya didedikasikan untuk diriku sendiri dan orang lain yang pingin tau tentang video coding). Sempat hatiku terpaut di bidang fast encoding juga untuk Inter Prediction part, tapi kemudian seniourku menyarankan untuk focus ke rate control aja. Baiklah..! apa kata kakanda aja. So far so good, walau gak good good bangetlah, Cuma sedang menunggu hasil experimentasinya. Mudah2an bisa dikatakan layak lah ya… aamiin… Riset ini, khususnya rate control niatnya akan dibawa ke meeting standarisasi video coding ke Switzerland Oktober ini. Yeeeaayy!!! Mudah2an semua lancer aja, doain yaa,,,, aku padamu pokoknya. Untuk beberapa hari kedepan ada lah catatan-catatan kecil yang bisa di ceritakan di blog ini sebelum berangkat dan setelah kembali dari Switzerland.



Salam sukses, Beasiswa Hunter!




2 comments:

  1. Man!!! Switzerland man! You are awesome! Good luck.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bang @Teguh Budianto. Lain kali kita jalan2 ke Eropa ya. 😂. Aku masih berutang sama blog ini utm crta swiss

      Delete

Thank you for visiting my page. If you want to leave your track, please being a clever tracker and do not leave this page with any violent content.

Cheers